KEGIATAN LSP SMK NEGERI 5 DENPASAR

Lembaga Sertifikasi Profesi SMK Negeri 5 Denpasar yang telah terlisnsi pada tanggal 30 Januari 2017 ber nomor : ID 679/ BNSP / 2017.

Beberapa kegiatan telah dilksanakan seperti Kegiatan Uji Kompetensi bagi siswa, Uji Kompetensi bagi guru dan diklat calon asesor kompetensi.

FULL ASESMENT DAN WITNESS UTK PENERBITAN LISENSI LSP P1

 

Pada tahun 2017, LSP SMKN 5 Denpasar telah melaksanakan Uji Kompetensi bagi siswa sejumlah 28 orang pada Skema Klaster Front Office dan Housekeeping. Dengan rincian 16 siswa melaksanakan Uji Kompetensi bidang Housekeeping dan 9 siswa melaksanakan Uji Kompetensi bidang Front Office dan 3 orang dinyatakan belum kompeten.

 

Diklat calon asesor diselenggarakan untuk dapat memenuhi kebutuhan asesor kompetensi di lingkungan SMK se kota Denpasar. Dilaksanakan pada tanggal 25 hingga 30 Juni 2017 bertempat di hotel Puri Saron Denpasar jumlah peserta 24

 

Bulan Februari 2018 LSP SMKN 5 Denpasar diundang oleh Kementerian Pariwisata untuk menandatangani Perjanjian Kerjasama Pelaksanaan Uji Kompetensi bagi Siswa SMK .

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 12 sampai dengan 17 Februari 2018 dimonitoring oleh Pihak Kemenpar, Bapak Deni Ruslandi dan Bapak Yusuf.

 

KLASTER

JUMLAH

KOMPETEN

FRONT OFFICE

    62 Siswa

    61 Siswa

HOUSEKEEPING

    94 Siswa

94 Siswa

 

Pada Bulan Maret 2018 LSP SMKN 5 Denpasar kembali mengadakan Uji Kompetensi yang kali ini giliran SMK Jejaring, yaitu 104 siswa dari SMK Pariwisata Harapan, 80 siswa dari SMK Kertawisata Denpasar dan 80 SMK PGRI 5 Denpasar. Melaksanakan UK dengan 13 paket bantuan dari BNSP pada program PSS.

 

TUK SMK PGRI 5 DENPASAR

 

SMK PARIWISATA HARAPAN

 

SMK PGRI 5 DENPASAR

 

SMK KERTAWISATA DPS

 

SMK PGRI 5 DENPASAR

 

SMK KERTAWISATA DPS

 

Kegiatan LSP SMKN 5 Denpasar di tahun 2018 mulai padat, dengan kesempatan yang diberikan dari Kementerian Pariwisata dan BNSP serta pelaksanaan Diklat Calon asesor yang kedua.

 

Peserta Diklat Calon Asesor kali ini berjumlah 20 peserta yang berasal dari guru guru SMK se Bali. Berlangsung dari tanggal 25 sampai dengan 30 Juli 2018 bertempat di Hotel Pur Saron Denpasar. Master Asesor pemateri adalah Bapak Ketut Sutapa dan Bapak Arya Astina, Master Asesor Penguji Bapak I Gede Widjana dan Bapak I Gusti Ngurah Winda yang sudah sangat berpengalaman pada bidang nya.

Ditambah dengan kegiatan Uji Kompetensi bagi Guru SMK yang dalam hal ini bekerja sama dengan LSP P3 Pariwisata Bali . Uji Kompetensi ini diperuntukan bagi guru kompetensi keahlian Perhotelan, Tata Boga dan Usaha Perjalanan Wisata. Pada tanggal 5 Oktober 2018

Pengembangan Skema Sertifikasi untuk LSP SMK Negeri 5 Denpasar terus berlanjut dengan melakukan koordinasi dengan pihak terkait yaitu Pihak Dunia Industri dan Asosiasi Profesi serta LSP P2 di PPPPTK Seni.

KOORDINASI SKEMA PERHOTELAN DAN TATA BOGA DENGAN PHRI

 

KOORDINASI SKEMA USAHA PERJALANAN WISATA DENGAN ASITA

 

KOORDINASI SKEMA SENI TARI DAN SENI KARAWITAN DENGAN ISI DENPASAR

 

KOORDINASI SKEMA SENI TARI DAN SENI KARAWITAN  DENGAN LSP PPPPTK SENI JOGJA

 

Pada Bulan Oktober kembali LSP P1 SMK Nnegeri 5 Denpasar mendapatkan kepercayaan dari Kementerian Pariwisata untuk melaksanakan kembali Uji Kompetensi bagi siswa, kali ini dengan jumlah peserta 138 siswa. Hasil dari Uji Kompetensi ini adalah 135 kompeten dan 3 belum kompeten.

PENANDATANGANAN KERJASAMA PELAKSANAAN UJI KOMPETENSI DENGAN KEMENPAR TAHAP 2 TAHUN 2018

 

PERSIAPAN PENAMBAHAN RUANG LINGKUP

SKEMA KLASTER :

 

Pengembangan Skema Sertifikasi akhirnya mendapat jadwal untuk witness, yaitu hari Jumat dan Sabtu tanggal 18 dan 19 Januari 2019 bertempat di LSP SMK Negeri 5 Denpasar.

Kedatangan Bapak Sugiyanto dan Bapak Sugiarto dari BNSP menyaksikan cara asesor kami menguji para asesi.Terlihat ketegangan dari para wajah asesor kami :