SMK NEGERI 5 DENPASAR MEMBANGUN ANAK DIDIK BERKARAKTER BUDAYA DAN BERWAWASAN KEWIRUSAHAAN

SMK Negeri 5 Denpasar yang beralamat di Jalan Ratna No.17 Denpasar, merupakan sekolah yang mengembangkan pendidikan yang berkarakter.

dan berbasis kewirausahaan. Hal ini dapat dilihat saat ini SMK Negeri 5 Denpasar mengembangkan program keahlian : Usaha Perjalanan Wisata, Akomodasi Perhotelan,Jasa Boga, Seni Tari dan Seni Karawitan.

Sebelum bernama SMK Negeri 5 Denpasar, sekolah yang memiliki desain arsitektur Bali ini bernama Konservatori Karawitan (KOKAR) yaitu sekolah kesenian yang dibangun pada tahun 1960.

Prof. Dr. Ida Bagus Mantra pendiri KOKAR BALI

Pada tahun 1976 KOKAR berganti nama menjadi Sekolah Menengah Kesenian Indonesia (SMKI) Negeri Denpasar. Pendirian KOKAR Bali yang kemudian menjadi SMKI oleh Pemerintah dimaksudkan sebagai wahana pemeliharaan, pengembangan serta pelestarian seni budaya bangsa, khususnya seni budaya daerah.

Seiring berjalannya waktu maka tahun 1986 SMKI Negeri Denpasar dipindahkan ke Batubulan Gianyar. Kemudian tanggal 10 Agustus 1989 menjadi Sekolah Menengah Musik Negeri Denpasar ( SMM ). Karena sekolah musik kurang peminatnya, maka SMM dirubah menjadi SMK Negeri 5 Denpasar pada tahun 1997 dengan Bidang Keahlian Pariwisatadan Program Keahlian Usaha Jasa Pariwisata serta Akomodasi Perhotelan. Karena antusias masyarakat begitu positif, maka SMK Negeri 5 Denpasar mengembangkan sayap dengan membuka program keahlian baru yaitu Tata Boga, Seni Tari Bali dan Seni Karawitan Bali.

 

I Made Buda Asdtika,S.Pd.M.Pd Kepala SMK Negeri 5 Denpasar

Semenjak Kepala Sekolah Di jabat Oleh I Made Buda Asdtika,S.Pd.,M.Pd. Semua aktifitas di Sekolah mulai diaktifkan kembali sesuai dengan cita –cita beliau menjadikan SMK Negeri 5 Denpasar sebagai Sekolah Rujukan ,hal ini sudah mulai dapat kita lihat dengan makin banyak kunjungan dan kegiatan - kegiatan diadakan di SMK Negeri 5 Denpasar.

Dalam rangka pengembangan SMK Negeri 5 Denpasar,telah banyak melakukan kegiatan - kegiatan baik bersekala Nasional  maupun Internasional antara lain;

 

Penandatanganan MOU Kurikulum Internasionalantara SMK Negeri 5 Denpasar dengan Pemerintah Thailand

 

Bekerja dengan Negara Thailand untuk pengembangan kurikulum International ,karena SMK Negeri 5 Denpasar sadar betul bahwa kemajuan teknologi dan informasi yang begitu pesat perlu di imbangi dengan kemampuan siswa dalam menyerap informasi  yang bersifat global. Hal ini telah dilaksanakan pada kerjasama dengan Thailand pada Juli tahun ini.

 

Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional

Kegiatan Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional,tahun ini SMK Negeri 5 Denpasar  mewakili Bali dalam Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional yang diselengarakan dan telah dinilai oleh TIM penilai pusat pada bulan Juli yang lalu.

Kegiatan lain yang dilakukan dalam mengembangkan dan melestarikan budaya,terutama Senitari,SMK Negeri 5 Denpasar selalu aktif ikut dalam kegiatan Tingkat Kota maupun Tingkat Provinsi bahkan Tingkat Nasional seperti ikut mengisi Malam Kemerdekaan Indonesia,

SMK Negeri 5 Denpasar mengisi “Malam Kemerdekaan Indonesia ke-73”

 

Pementasan Tari Inovatif dalam rangka Kegitan Bali Mahalangu di Art Centre,  dan Pementasan Cak Inovatif dalam Rangka Peresmian GWK Oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Pementasan Tari Inovatif dalam rangka Kegitan Bali Mahalangu di Art Centre

Untuk tahun Pelajaran 2018/2019, SMK Negeri 5 Denpasar, mengasuh anak didik sebanyak 1620 siswa, yang terdiri dari kelasX : 623 siswa, Kelas XI : 518 siswa dan Kelas XII sebanyak : 479 siswa.