Pelepasan Siswa Kelas XII Angkatan ke-XX Tahun Ajaran 2017-2018

Program tahunan dan salah satu acara yang sudah pasti dilakukan adalah pelepasan siswa kelas XII yang taun ini pelaksanaannya hari Rabu tanggal 9 Mei 2018 bertempat di aula SMK Negeri 5 Denpasar, dengan tema; “Taburkan gagasan : Petiklah perubahan dan raihlah masa depan dengan berkarakter mulia”. Adapun tujuan dari acara pelepasan diharapkan jalinan antara sekolah dan tamatan tetap terjaga dengan baik, sehingga terus terpelihara dan ditingkatkan menjadi lebih baik lagi. Perayaannya cukup meriah yang walaupun dilaksanakan di Aula sekolah dan menurut bapak Gede Ketut Pariarta ( Kasi SMK UPT. Provinsi Denpasar ), acara pelepasan ini tidak kalah dengan di Hotel bahkan terlihat lebih bagus.

Undangan yang hadir pada acara tersebut oleh :

  1. Kasi SMK UPT (mewakili) Kepala UPT. Provinsi Bali Kota Denpasar.
  2. Pengawas SMK Kota Denpasar.
  3. Ketua MKKS SMK Kota Denpasar.
  4. Kepala SMK PGRI 5 Denpasar.
  5. Babinsa Sumerta Kauh.
  6. Babinkamtibnas Sumerta Kauh.
  7. Pengurus Komite SMK Negeri 5 Denpasar.
  8. Kepala SMK Negeri 5 Denpasar.
  9. Bapak / Ibu guru dan Staf pegawai SMK Negeri 5 Denpasar.
  10. Dan siswa kelas XII.

Prosesi pelepasan diawali dengan kehadiran para undangan yang dikawal oleh petugas penyambut tamu dengan iringan bedil yang dilakukan oleh siswa dari kompetensi keahlian seni tari Bali dan seni karawitan Bali. Kegiatannya  mirip dengan pelaksanaan wisuda mahasiswa. Wah SMK memang bisa...... SMKN 5 memang hebat.

Sesuai dengan laporan Ketua Panitia kehadiran siswa Kelas XII yang lulus dan dilepas dalam pelepasan ini sebanyak 515 orang dengan rincian :

  1. Kompetensi Keahlian Akomodasi Perhotelan : 146 orang
  2. Kompetensi Keahlian Jasa Boga : 170 orang
  3. Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata : 77 orang
  4. Kompetensi Keahlian Seni Tari : 55 orang
  5. Kompetensi Keahlian Seni Karawitan : 67 orang

Adapun serangkaian kegiatan ujian yang telah diikuti siswa kelas XII sebagai berikut:

  • Uji kompetensi keahlian / UKK AP
  • Uji kompetensi keahlian / UKK JB
  • Uji kompetensi keahlian / UKK UPW
  • Uji kompetensi keahlian / UKK Seni Tari
  • Uji kompetensi keahlian / UKK Seni Karawitan
  • USBN ( Ujian Sekolah Berstandar Nasional ) : 19 s/d 28 Maret 2018
  • UNBK ( Ujian Nasional Berbasis Komputer ) : 2 s/d 5 April 2018

https://youtu.be/kH1NwLAGMhI

Tahun 2018 siswa peraih nilai tertinggi, Alif Fia Ayu Kusuma Ranti merasa bangga setelah meraih hasil tersebut. Siswi kelas XII Program Usaha Perjalanan Wisata itu menyatakan rasa terima kasihnya kepada pihak sekolah yang telah memberikan dukungan dan bimbingan.

“Intinya semoga para lulusan SMK 5 memperoleh karier yang bagus. Kami juga berharap, pihak sekolah dapat meningkatkan kualitasnya,” kata Alif memungkasi.

Adapun daftar nama siswa peraih nilai UN tertinggi SMK Negeri 5 Denpasar, yakni Alif Fia Ayu Kusuma Ranti (334,00), I Gede Aris Prayoga (316,50), Ni Kadek Nia Febriola (315,50), Yacinta Margaretha (314,00), Putu Dewanta Yunda (314,00), Dea Shinta Pradnyaningrum (313,50), Diah Sinta Novita Dewi (307,00), Tusandari Anika Putri (302,00), I Putu Ariana Yoga (300,50), dan Ni Putu Pranitin Jayanti (299,50).

Kasek yang baru menjabat 3 bulan ini mengungkapkan, berdasarkan data penelusuran lulusan dan survei dalam beberapa tahun terakhir, persentase lulusan yang sudah bekerja mencapai 21 persen, melanjutkan studi 59 persen, melanjutkan sambil bekerja 29 persen, dan satu persen berwirausaha.

“Para lulusan ini diharapkan bisa mengisi peluang kerja yang ada sesuai bidang mereka, terutama yang paling penting sesuai harapan pemerintah, lulusan SMK bisa mandiri. Dalam arti menjadi wirausaha, itu sangat kami harapkan, minimal 5 persen,” kata Buda.

SMK ....Bisa

SMKN 5 ...Hebat

SKANEMA JAYA....

SKANEMA JAYA....

SKANEMA JAYA....

SKANEMA JAYA....

SKANEMA JAYA....

https://www.fajarbali.co.id/id/pendidikan/1722-lulusan-skanema-diharapkan-isi-peluang-wirausaha