KEGIATAN LSP SMK NEGERI 5 DENPASAR

PENANDATANGAN KERJASAMA PELAKSANAAN UJI SERTIFIKASI KOMPETENSI DENGAN KEMETRIAN PARIWISATA DI JAKARTA

Kegiatan yang di fasilitasi oleh Kementerian Pariwisata ini bertujuan untuk memberikan kesempatan pada Lembaga Sertifikasi Profesi di seluruh Indonesia untuk melaksanakan Uji Sertifikasi Profesi baik itu utk Pihak 1 maupun 3.

Uji Sertifikasi Kompetensi yang dilaksanakan tahun 2019 ini memiliki kuota 70.000 asesi tersebar untuk LSP P1 dan P3 seluruh Indonesia. Hal ini merupakan salah satu wujud keseriusan pemerintah dalam meningkatkan mutu SDM Indonesia yang tersertifikasi.

Tahun 2019 ini, LSP SMK Negeri 5 Denpasar merupakan tahun ke 2 mendapatkan bantuan dari Kementerian Pariwisata. Tahun 2018 mendapatkan Bantuan Uji Sertifikasi Kompetensi sejumlah 145 asesi pada bulan Februari 2018 dan bertambah lagi pada bulan Oktober 2018 sejumlah 138 asesi dengan penyampaian laporan kegiatan Uji Sertifikasi Kompetensi sebelum batas akhir sehingga semua bantuan telah terdistribusi. Pada Tahun 2019 kami mendapatkan kepercayaan untuk mengelola 674 asesi untuk di Uji Sertifikasi Kompetensi yang akan mulai dilaksanakan pada awal Bulan April.

Sejumlah 674 asesi terdiri dari sekolah induk dan jejaring nya:

Penandatangan kerjasama Kementerian dan LSP dilaksanakan pada Hari Senin dan Selasa tanggal 11 dan 12 Februari 2019 di Hotel Marc Pasar Baroe Jakarta dan di hadiri Asisten Deputi Pengembangan SDM dan Hubungan antar lembaga, Bapak Wisnu Bawa Temaja.

 

Berikut adalah foto penanda tangan MOU antar Kementerian Pariwisata dan LSP SMK Negeri 5 Denpasar yang langsung di tandatangani oleh Ketua , Kartini Justanti Ika Puteri, SST. Par

 

 

 

 

KEGIATAN RAPAT KOORDINASI

SMK JEJARING DENGAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL

 Rapat Koordinasi Dengan Kementrian Pendidikan Nasional yang dalam hal ini dilaksanakan oleh Direktorat Pembinaan SMK. Rapat Koordinasi ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan kompetensi kerja pada lulusan SMK serta mempercepat program pemerintah dalam mencetak tenaga kerja handal menghadapi persaingan global.

Rakor ini di hadiri oleh 230 SMK yang telah memiliki lisensi LSP P1 diselenggarakan selama 4 hari, Direktorat PSMK menyiapkan bantuan Uji Sertifikasi Kompetensi untuk membantu sekolah dan siswa agar memiliki sertifikat kompetensi.

Hasil yang diharapkan dari Kegiatan Rapat Koordinasi ini adalah LSP memiliki program kerja tahunan, menyusun RAB, RPD dan penyusunan MOU bantuan Uji Sertifikasi Kompetensi. Tahun 2019 ini merupakan tahun pertama bagi LSP SMK Negeri 5 Denpasar mendapatkan bantuan sejumlah 89 asesi. Jumlah tersebut diperuntukan bagi SMK Jejaring kami sebagai berikut :

Kegiatan Uji Sertifikasi Kompetensi ini akan dilaksanakan pada Bulan April 2019 di sekolah jejaring LSP SMK Negeri 5 Denpasar, dengan memiliki 4 orang asesor pada Bidang Kompetensi Usaha Perjalanan Wisata.

Berikut adalah foto kegiatan Rakor SMK Jejaring di Hotel Indoluxe Jogjakarta pada hari Rabu hingga Sabtu tanggal 20-23 Februari 2019. Kelompok LSP dari Bali dibawah bimbingan Bapak. M. Andadari dari wakil Direktorat P SMK.

 

Foto bersama dengan Direktur Pendidikan Dasar dan Menengah, M. Bakhrun dan Kepala Bidang Penyelarasan Kejuruan dan Industri, Bapak Saryadi Guritno, dan Ketua Panitia Rakor Bapak Sulistyo Staf Direktorat PSMK

 

Foto bersama bapak M. Andadari, pembimbing kelompok kerja.

 

 

 

RAPAT KOORDINASI

KEGIATAN UJI SERTIFIKASI KOMPETENSI LSP SMK NEGERI 5 DENPASAR

Untuk melaksanakan kegiatan LSP perlu dilakukan koordinasi di antara pengurus LSP agar seluruh kegiatan berjalan lancar.

Koordinasi awal panitia dilaksanakan di Lab. Praktek hotel Ratna pada hari kamis tanggal 28 Februari 2019

Berikut foto kegiatan rapat yang kami laksanakan :

 

 

 

 

 

RAPAT KOORDINASI DENGAN SMK JEJARING

Kegiatan rapat ini bertujuan untuk mencapai kesepakatan terkait kegiatan Uji Sertifikasi Kompetensi yang akan melibatkan asesi dari SMK Jejaring LSP SMK Negeri 5 Denpasar.

Berikut adalah foto kegiatan tersebut yang dilaksanakan pada hari kamis tanggal 24 Januari 2019 yang dihadiri oleh 9 sekolah jejaring.

  1. SMK Negeri 2 Bangli
  2. SMK Negeri 1 Nusa Penida
  3. SMK PGRI 5 Denpasar
  4. SMK PGRI 3 Badung
  5. SMK Pariwisata Harapan Denpasar
  6. SMK Kerthawisata
  7. SMK Prashanti Nilayam
  8. SMK Tehnologi Wirabhakti Denpasar
  9. SMK Bali Dewata

SMK yang masuk dalam jejaring SMK Negeri 5 Denpasar telah disahkan melalui SK Dinas Pendidikan Propinsi Bali tertanggal 20 Februari 2019 dan SK Jejaring dari Dit. PSMK tertanggal 20 Maret 2019

 

 

 

 

 

RAPAT KOORDINASI ASESOR LSP SMK NEGERI 5 DENPASAR

Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk menyamakan persepsi atas tata cara pengujian sesuai dengan skema yang dimiliki LSP SMK Negeri 5 Denpasar. Acara ini dilaksanakan hari Jumat, tanggal 22 Maret 2019 bertempat di ruang meeting SMK Negeri 5 Denpasar.

Jumlah asesor yang tergabung dengan 3 Kompetensi Keahlian dan berasal dari sekolah jejaring,  adalah :

Berikut foto kegiatan rapat koordinasi asesor :

 

 

 

PERSIAPAN ACARA PEMBUKAAN UJI SERTIFIKASI KOMPETENSI

LSP SMK NEGERI 5 DENPASAR

Acara pembukaan Uji Sertifikasi Kompetensi akan serentak dilaksanakan di Aula SMK Negeri 5 Denpasar, yang rencana akan dihadiri oleh Bapak Plt. Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Bali, Bapak Kepala Dinas Pariwisata Propinsi Bali dan Bapak Kepala Dinas Tenaga Kerja Propinsi Bali, seluruh komponen pengurus LSP SMK Negeri 5 Denpasar, perwakilan sekolah jejaring serta calon asesi yang akan melaksanakan Uji Sertifikasi Kompetensi.

Berikut adalah foto persiapan pengurus LSP SMK Negeri 5 dalam menyiapkan ruangan untuk acara pembukaan pada hari Senin, tanggal 1 April 2019 dimulai pukul 9 pagi.

Untuk publikasi telah disiapkan Tim dari Bali TV untuk menayangkan kegiatan tersebut.

 

 

 

KEGIATAN SOSIALISASI

PELAKSANAAN PROGRAM SERTIFIKASI KOMPETENSI KERJA (PSKK)

TAHUN 2019

Kegiatan diselenggarakan oleh BNSP di Hotel Soveraign Bali pada hari Jum’at tanggal 29 Maret 2019, BNSP di wakili oleh komisioner BNSP Bapak Aldo Ginting, dan kepala bagian Sertifikasi ibu Lamria Napitupulu serta tenaga IT BNSP, bapak Mustafa.

Tujuan kegiatan ini adalah memahami prosedur pelaksanaan PSKK tahun 2019. Sosialisasi dihadiri oleh LSP P 1 dan P3 dari Bali, NTB dan NTT.

Berikut foto kegiatannya :