SMK Negeri 5 Denpasar Adakan Penyuluhan Bimbingan Jabatan, Bursa Kerja Khusus SMK

Bursa Kerja Khusus (BKK) adalah sebuah lembaga yang dibentuk di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri dan Swasta sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran, penempatan tenaga kerja, dan mitra Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

BKK SMK menjadi salah satu komponen penting dalam mengukur keberhasilan pendidikan di SMK karena BKK menjadi lembaga yang berperan mengoptimalkan penyaluran tamatan SMK dan sumber informasi untuk pencari kerja.

Dalam rangka memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kompetensi  Pemerintah Kota Denpasar (DTKSK) menggelar Penyuluhan Bimbingan Jabatan, Bursa Kerja Khusus SMK  pada hari Senin, 21 Januari 2019 bertempat di aula SMK Negeri 5 Denpasar. Penyuluhan tersebut melibatkan seluruh siswa kelas XII. Dalam penyuluhan kali ini, DTKSK bekerjasama dengan perusahaan Khrisna Oleh-oleh untuk berbagi informasi terkait dunia kerja. Narasumber yang hadir dari pihak Khrisna Oleh-oleh adalah Eka Arismana selaku Head of HRD. Beliau menginformasikan bahwa pentingnya menyiapkan diri sejak dini untuk menghadapi era MEA, kita harus mengarahkan pikiran yang positif untuk mendapatkan peluang yang besar dalam mencapai sebuah kesuksesan. 

Di sisi lain, pihak DTKSK yang dihadiri oleh Putu Sandika selaku Kabid PTK didampingi staff juga memberikan penyuluhan kepada para siswa  terkait tentang pengenalan dunia kerja kepada siswa sehingga diharapkan setelah tamat, dapat bersaing di dunia kerja. Beliau juga menjelaskan di dalam jaringan tersebut, dapat memberikan informasi lowongan kerja yang up to date dan dapat di akses di portal bursakerjadenpasar.go.id serta dapat memberikan informasi yang akurat bagi para pencari kerja dan penyedia tenaga kerja (Perusahaan) untuk mencari tenaga kerja sesuai kualifikasi yang dibutuhkan. (DJ)