SIDAK KEDISIPLINAN SISWA

Dalam rangka menertibkan disiplin siswa, pelaksanaan Tata Terbib Sekolah  di SMK  Negeri 5  Denpasar ditingkatkan. Pelaksanaan tata tertib terlihat pada kegiatan sidak ( inspeksi mendadak ) yang  dilakukan oleh semua Guru dan staf pimpinan atas koordinasi kepala sekolah, seperti yang dilakukan beberapa hari yang lalu Kamis 26 April 2018, sidak secara serentak dilakukan oleh para guru yang mengajar pada jam pertama dibantu oleh semua guru yang tidak mengajar pada jam pertama.

Dalam sidak tersebut hal-hal yang diperiksa antara lain: Pakaian Seragam , Tas , Handphone dan rambut siswa yang laki-laki. Hal ini dilakukan untuk meningkatan kedisiplinan siswa. Setelah melakukan sidak banyak siswa yang terjaring dan melanggar tata terbib Sekolah. Siswa yang kena sidak, langsung dikumpulkan dihalaman Sekolah untuk mendapat pengarahan dari Kepala Sekolah. Adapun pelanggaran yang paling banyak ditemukan dalam sidak tersebut adalah pelangaran pakaian seragam yang tidak sesuai dengan pakaian yang harus dipakai pada hari bersangkutan.

Dalam pengarahan Kepala SMK Negeri 5 Denpasar, I Made Buda Astika, S.Pd., M.Pd yang  merupakan Lulusan S2 UDIKSHA Singaraja mengatakan, ” bahwa sidak ini dalam rangka mencegah hal - hal yang bisa membawa siswa pada hal – hal yang  melanggar Hukum”. Sebagai seorang siswa kita harus dapat meningkatkan disiplin dalam membina diri sendiri untuk masa depan. Pelanggaran diawali dari hal kecil  yang kemudian menjadi kebiasaan.

Semua siswa yang melanggar disiplin dikenakan sanksi berupa kewajiban melapor kepada guru BP/BK  setelah melakukan perubahan dan berbaikan terhadap hal - hal yang dilanggar. Selanjutnya semua siswa yang melanggar didata oleh Guru BK/BP untuk pembinaan lebih lanjut.

Dalam akhir pengarahan Lulusan S2 UDIKSHA Singaraja mengakatan, ” bahwa ini bukan hukuman bagi siswa yang melangar tetapi merupakan pembinaan  agar kedepannya siswa akan menjadi lebih disiplin sehingga apa yang menjadi harapan orang tua bisa terwujud”, pungkas kepala sekolah. Denpasar (SKANEMA )