PEMENTASAN PERDANA TARI KEBESARAN SMK NEGERI 5 DENPASAR

Ulang Tahun ke-26 SMK Negeri 5 Denpasar yang jatuh pada Selasa, 16 Agustus 2022 menjadi moment istimewa. Perayaan kali ini menampilkan pementasan perdana tari kebesaran SMK Negeri 5 Denpasar yang disaksikan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga serta tamu undangan. Tari Kebesaran SMK Negeri 5 Denpasar diberi judul “PANCA ACARYA DHYAKSA”.

Tarian ini diciptakan dengan memasukan segala unsur yang terdapat di SMK Negeri 5 Denpasar. Tari kebesaran Panca Acarya Dhyaksa menceritakan Dewi Saraswati sebagai dewi ilmu pengetahuan yang senantiasa memberikan sinar sucinya dan angsa sebagai wahana yang menggambarkan keagungan dalam menebarkan sinar sucinya di dalam dunia pendidikan. Berkat anugrah-Nya, maka terciptalah Panca Acarya Dhyaksa yang mengimplementasikan lima program keahlian yang terdapat di SMK Negeri 5 Denpasar diantaranya program keahlian Seni Pertunjukan, Kuliner, Usaha Layanan Pariwisata, Perhotelan dan Disain Komunikasi Visual. Spirit ini kemudian diafirmasikan, sehingga SMK Negeri 5 Denpasar mampu menciptakan pendidik, peserta didik dan tenaga kependidikan yang berkompeten dibidangnya masing-masing yang ada di dalam Panca Acarya Dhyaksa.

            Tarian ini diringi dengan seperangkat gambelan gong kebyar yang dikolaborasikan dengan sentuhan gerong/nyanyian yang menciptakan keselarasan antara ide dan gerakan tarinya. Tarian ini ditarikan oleh 9 orang penari. Pencetus ide dan penanggung jawab tarian ini adalah Kepala SMK Negeri 5 Denpasar bapak I Made Budha Astika, S,Pd., M.Pd. Konseptornya merupakan guru-guru seni pertunjukan SMK Negeri 5 Denpasar. Sebagai penata tari I Kadek Sumaryasa, S.Sn, dan penata tabuhnya adalah I Wayan Gede Arsana S.Sn. Tarian ini diharapkan bisa benar-benar menjadi ikon dari SMK Negeri 5 Denpasar yang bisa dikenal oleh masyarakat luas.